Monday, October 18, 2010

Mahasiswa Generasi Internet

Mahasiswa-mahasiswa generasi internet ini
menginginkan semuanya (materi kuliah)
tersedia dengan bebas di hadapan mereka
sebebas mereka mendownload video di youtube

copy paste, dibuka ketika mata kuliah berlangsung,
tanpa pernah dicuri baca ketika begitu banyak waktu luang
lebih dipilih untuk bersenang-senang di pusat hiburan
dicetak ukuran paling kecil
dikemas dalam begitu banyak lipatan
dan terbuka lebar kala ujian
terselip di berbagai tempat tak terbayangkan
menjadi acuan paling utama untuk mengerjakan soal

aih... sampai detik ini
aku masih begitu menghargai
semua kenangan berjibaku dengan buku-buku penunjang perkuliahan
tapi MEREKA!
tak sedikitpun menaruh respek..

ya...
dilihat dari sudut mana pun
aku memang tak mempunyai potongan dosen...
jika aku berada di posisi mereka,
aku juga punya gambaran yang sama tentang sosok dosen yang akan mengajar
berusia lanjut, berpenampilan old fashion, telah berkeluarga dan sebagainya,
sementara aku...
persis seperti anak SMA
tapi aku tetap akan menekankan pada mereka
bahwa untuk mata kuliah apa pun, mereka harus tetap menaruh respek
dan memberikan usaha terbaik untuk mendapatkan nilai terbaik

No comments:

Post a Comment